Cara Lain Bermain Catur

Entah kenapa akhir-akhir ini saya sangat menggemari suatu cabang olahraga, namun, biar seberapa seringpun saya melakukannya, entah kenapa tubuh saya masih belum berkurang berat badannya. Oh iya, nama cabang olah raga itu adalah Catur.

Yep, motivasi yang menggebu-gebu untuk bermain catur pada awalnya datang ketika teman saya mengajak saya bermain dan dengan sukses menskak-mat saya. Bukannya tidak mau kalah, tapi semenjak permainan catur dengan teman saya tersebut, saya mulai melihat kenyataan bahwa catur adalah permainan yang sangat menyenangkan (setidaknya menyenangkan jiwa dan raga), dan menguatkan (karena berkali-kali harus memindahkan benteng dan gajah dan kuda yang sedemikian beratnya dengan mengangkat mereka).

Well, usil punya usil saya teringat dengan salah satu alternatif lain permainan dengan menggunakan papan dan bidak catur yang ditunjukkan oleh tetangga saya saat masa kecil dulu, yaitu permainan Asah Otak model Kuda.

Permainan ini dimainkan dengan cara sebagai berikut:

-Semua bidak catur disusun secara acak di dalam setengah papan catur, sehingga separuh papan catur terisi penuh oleh bidak-bidak hitam putih yang berjejaran.

-Sebuah kuda putih diletakkan di pojok papan, sehingga papan akan nampak seperti ini:


-Aturan mainnya, sang kuda harus memakan habis seluruh bidak yang ada di papan catur dengan cara melakukan langkah kuda memakan (Langkah huruf ‘L’) terus menerus.

-Jika Kuda tidak dapat bergerak lagi dan tidak ada lagi bidak yang tersisa, maka pemain dinyatakan menang.

-Jika kuda tidak dapat melangkah lagi namun masih ada bidak yang tersisa, maka pemenangnya adalah pemain yang memiliki sisa bidak paling sedikit.

Yah…, itu cuma sedikit refreshing, sih. Nggak harus papan catur dijadikan arena bermain catur, kan? Mungkin di lain hari saya bisa mempostingkan cara-cara lain menggunakan papan catur. (Mungkin bendera start di balap motor bisa diganti dengan melambai-lambaikan papan catur? Atau jika tamu datang bisa dipake buat baki alas minuman?)

We’ll meet up again, guys.

P.S. : I’ve already build a new blog contains my diary on the WordPress. Try my day! beltzworld.wordpress.com

There are no comments on this post.

Tinggalkan Balasan

