Kalkulator

Just a simple update ya.

Tadi gw sudah berhasil menjalani tes Fisika dengan normal. Soalnya nggak sesulit yang gw kira, tapi ada satu masalah yang cukup mengganggu,

Kita nggak boleh bawa kalkulator.

Well, sebenarnya ini antara senang dan tidak senang. Tidak senang, karena mungkin ada beberapa soal-soal yang kita bisa lebih mudah ngerjainnya kalo pakai kalkulator, senang, karena berarti soalnya nggak akan sesulit biasannya. Ya iya lah, mana ada soal sulit yang nggak dikasih ijin pake kalkulator?

Tapi parahnya, sebelum masuk ke ruangan, berita tentang “tidak boleh bawa kalkulator” ini masih berupa isu di kalangan siswa kelas XI program IPA, jadi gw sendiri pada awalnya belum yakin, boleh nggak sih bawa kalkulator waktu tes tadi.

Dan disanalah kekacauan terjadi.

Saat bel berbunyi tanda ujian dimulai, seluruh peserta tes, termasuk gw, masuk ke ruangan dengan membawa kalkulator, buat jaga-jaga aja sih, siapa tahu boleh. Eh…, waktu kedua penjaga tes Mid-Semester masuk ke ruangan gw, beliaunya berkata, “HP dan Kalkulator dikumpulkan…” segera setelah kedua ibu guru program IPS itu membagikan soal dan lembar jawab kepada tiap-tiap siswa.

Walhasil seisi kelas maju ke meja pengawas untuk menaruh kalkulator masing-masing dan kemudian kembali ke mejanya. Ada yang bilang, “Wah…”, atau mengeluh semacam itu, ada juga yang menjadikan momen itu sebagai kesempatan menyontek.

Eh, baru beberapa menit kemudian, terdengar suara dari loudspeaker sekolah, “Pengumuman, bagi kelas Sepuluh yang sedang menjalani tes Fisika, tidak diperkenankan membawa kalkulator”

Dengan sigap semua anak di kelas gw, XI IPA 3, kembali ke meja pengawas mengambil kalkulator masing-masing. Trus kembali lagi ke mejanya.

Kemudian, kita sibuk berurusan dengan soal. Gw sendiri belum menemukan soal yang membutuhkan kalkulator.

Dan tiba-tiba pengumuman kedua terdengar dari Megaphone, “Pengumuman, untuk kelas Sepuluh dan Kelas Sebelas IPA tidak diperkenankan menggunakan kalkulator”

There are no comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: