All About Pemilu buat Remaja SMA


Nah temen-temen, ini adalah Frequently Asked Question-nya Pemilu! Di sini kamu bakal menemukan jawaban-jawaban dari pertanyaan mendasar seputar pemilu, yang memang harus kita ketahui!, biar nggak asal pilih tanggal sembilan april nanti.

Partai itu apaan sih?

Partai adalah kumpulan orang yang memiliki pandangan dan tujuan politik yang sama dan mempunyai cita-cita untuk menduduki pemerintahan. Mereka mempunyai struktur organisasi yang jelas dan resmi, AD/ART (“Undang-Undang” Organisasi), Dewan Pimpinan, serta Pengakuan oleh Pemerintah bahwa mereka adalah partai resmi yang boleh ikut serta dalam pemilu.

Apa sih AD/ART itu? AD/ART itu kepanjangan dari Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga. Anggaran Dasar merupakan identitas sah dan tertulis partai tersebut. Dengan melihat anggaran dasar, kita bisa mengetahui identitas partai, azas, tujuan, fungsi, tugas, serta peraturan-peraturan dasar keanggotaan partai tersebut. Sehingga bisa dijadikan salah satu dasar pertimbangan kita untuk memilih.

Sedangkan Anggaran Rumah Tangga berisi sejumlah peraturan yang harus ditaati oleh seluruh anggota. Pendeknya, AD/ART merupakan sebuah “Undang-Undang” kecil di dalam partai tersebut.

Kenapa harus ada partai?
Setiap partai tentu memiliki tujuan, demikian juga masyarakat, pasti memiliki keinginan masing-masing. Partai politik merupakan wadah bagi keinginan-keinginan masyarakat tersebut. Jika masyarakat merasa bahwa keinginannya dapat tersalurkan lewat suatu partai, -mungkin karena AD/ART atau janji partai tersebut sesuai dengan keinginan mereka dalam membangun negara- maka orang itu akan memilih partai tersebut. Demikian pula sebaliknya.

Sebenarnya tujuan pemilu apaan sih?
Pemilihan umum (pemilu) akan menentukan siapa saja yang duduk di legislatif dan eksekutif suatu negara. Pemilu adalah ciri negara demokratis karena masyarakat dapat memilih siapa pemerintah mereka.

Selain itu pemilu juga dapat menunjukkan pandangan politik masyarakat (cara yang dipilih masyarakat untuk menjalankan negara). Misalnya partai pemenang pemilu adalah partai yang nasionalis, artinya sebagian besar rakyat memiliki pandangan politik yang nasionalis. Atau jika suatu partai yang menjanjikan pembangunan suprastruktur hanya mendapat sedikit suara, artinya rakyat tidak terlalu mementingkan pembangunan suprastruktur. Pemilu menunjukkan jumlah pendukung suatu ide.

Katanya satu suara menentukan arah nasib bangsa, emang iya?
Jelas dong. Satu suara dari kita akan menentukan siapakah pemenang pemilu dan siapa saja orang-orang yang akan duduk di kursi legislatif. Tau kan tugas legislatif? Tepat, DPR bertugas membuat undang-undang (Tentang apapun!) yang akan dilaksanakan oleh seluruh masyarakat. Kalo DPR-nya berkualitas, undang-undangnya juga akan berkualitas, masa depan bangsa juga akan semakin jelas. Tul, gak?

2 Tanggapan

  1. Ahh..pemilu cuma judi!! hanya segelintir orang yang bener2 niat jadi pemimpin, yang laennya cuma hasrat akan uang dan jabatan. BEH!! daripada pusing mending golput…

  2. gapapa… Golput kan bisa jadi indikator ketidakpuasan rakyat terhadap partai…tapi gw yakin ada 1-2 partai yang punya tujuan dan fokus kerja yang jelas, serta yang nggak dikendalikan figur (nggak milik keluarga tertentu) dan terorganisir dengan baik mpe ke cabang. Gw mase percaya ma itu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: