Milih yang Mana Yah?

Pemilihan umum telah memanggil kita, seluruh rakyat menyambut gembira… Yes! Pemilu dateng lagi, artinya kesempatan buat membenahi bangsa ini juga muncul kembali! Kali ini pemilihan umum diikuti oleh 38 partai politik yang memperebutkan kursi di DPR dan Pemerintahan.

Tapi…, milih yang mana yah? Sebagai siswa SMA, khususnya yang sudah berumur 17 tahun lebih pasti sudah punya hak pilih, artinya boleh nyontreng di TPS. Namun sebagian besar dari kita masih aja kebingungan milih partai yang mana, soalnya di iklan-iklan mereka kayaknya semuanya menjanjikan, kan? Padahal satu suara dari kita bisa mempengaruhi nasib bangsa ini selama lima tahun ke depan lho…

Nah, maka dari itu, disini disediakan tips-tips menyontreng cerdas, alias memilih wakil rakyat dengan pertimbangan yang matang, biar nggak bikin susah nantinya.

Pertimbangkan Visi dan Misi
Partai dipilih dari apa yang akan diperbuat mereka kepada rakyat, dan sudah pasti setiap partai punya program kerjanya sendiri-sendiri yang disebut AD/ART (Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga). Kamu bisa ngecek AD/ART mereka satu-persatu di kantor KPU, iklan-iklan mereka atau website partai/caleg di internet. Ketik aja kata kunci “AD/ART partai ” atau “program partai ” di google.

Liat Bukti di Lapangan
Tapi jangan cuma liat janjinya aja, bukti nyata juga dong! Coba perhatikan lingkungan sekitar kamu dan berita-berita, partai apa yang sudah berbuat banyak bagi masyarakat dan negara? Partai mana yang cuma omong doang? Hal ini juga bakal mendorong kamu buat berpikir kritis.

sudah saatnya Indonesia diisi oleh pemilih-pemilih cerdas!

Bila Belum Punya Caleg Pilihan yang Pasti, Pilih Aja Partainya
Kadang milih caleg bikin kita bingung, soalnya program-program mereka rata-rata sama. Nah, daripada salah memilih caleg, mending kamu memilih partai aja sesuai visi dan misi mereka yang telah terbukti nyata.

Bedakan antara Memilih Partai dan Presiden
Jangan karena kamu pengen negara ini dipimpin oleh pak ini atau bu itu, kamu langsung milih partainya. Itu namanya kita milih karena figur, padahal belum tentu lho, kualitas partai dan capres yang diusungnya sama. Ada capres yang berkualitas tapi partainya nggak sebagus capresnya. Ada pula yang sebaliknya. Jadi, pilihlah partai bukan karena figur seseorang, tapi karena visi-misi, pandangan politik, bukti nyata, dan kebersihannya.

Jangan Ikut-Ikutan
Yang jelas, jangan ikut-ikutan teman! Kamu punya pandangan politik sendiri yang nggak bisa diganggu gugat oleh siapapun. Orang bisa menilai partai pilihan kamu jelek, tapi selama kamu bisa membuktikan kalau partai kamu telah berbuat banyak bagi negara dan punya tujuan yang sangat jelas, kamu bisa terus memilih wakilmu di DPR melalui partai itu.

Dan yang paling penting, pilihlah secara rasional! Jangan memilih suatu partai hanya karena partai ini “kelihatannya menjanjikan”, “orangnya ramah-ramah”, “capresnya kharismatik” dan sebagainya. Kamu harus punya alasan yang kuat dan bisa dibuktikan rasio buat milih partai atau caleg tertentu, dengan demikian bertambah lagi jumlah pemilih cerdas di Indonesia.

There are no comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: